press release/siaran pers kirim ke rilis@berita2.com

berita2.com Kamis, 07 Mei 2015

You are here: Home Daerah Jawa Tengah

Jawa Tengah

Diserang DB pak guru meninggal

E-mail Cetak PDF

berita-beritadotcom: Seorang guru sebuah SMK swasta di Kecamatan Tirtomoyo, meninggal dunia. Penyebabnya, guru tersebut terserang demam berdarah dengue (DBD).

Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri telah melaksanakan penelusuran atas kematian dua orang warga Kecamatan Baturetno. Dari hasil penelusuran itu, dipastikan satu diantaranya meninggal lantaran DBD. Yakni Umar, seorang guru di sebuah SMK swasta di Kecamatan Tirtomoyo. Umar merupakan warga Desa Setrorejo, Kecamatan Baturetno. Sedangkan satu orang lagi hingga sekarang masih ditelusuri penyebab kematiannya.

“Sudah kami telusuri. Salah satu warga meninggal karena DBD,” ungkap Kepala DKK Wonogiri, Widodo melalui Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Kabid P2PL), Suprio Heryanto, Rabu (14/1).

Diterangkan Suprio, ada kemungkinan korban terjangkit demam berdarah di sekitar lokasi SMK tempat dia mengajar. Hal ini didasarkan pada penuturan petugas puskesmas setempat. Lantaran itulah, pihaknya segera melaksanakan pengasapan atau fogging di sekitar SMK.

“Belum ada informasi penyebaran penyakit di desa asalnya. Tapi kami sudah memerintahkan puskesmas terdekat untuk melakukan pemantauan,” terangnya.

Kasus DBD sekaligus kematian penderitanya, menjadi yang pertama di tahun 2015 ini. Malah, kematian penderita DBD juga menjadi yang pertama sejak beberapa tahun terakhir. Kasus yang sama terjadi di tahun 2012, dengan jumlah penderita meninggal mencapai dua orang.

Tak ingin terjadi kasus kematien penderita DBD, pihaknya mewanti-wanti masyarakat bertindak sigap. Terutama ketika ada warga yang terserang demam. Saat dijumpai warga yang demikian, masyarakat harus segera membawanya ke satuan kesehatan setempat. Hal ini sangat penting untuk mengetahui secara dini, penyebab demam tersebut.

“Jadi kalau memang warga yang bersangkutan itu terserang DBD, bisa diketahui sejak dini. Sehingga segala sesuatunya bisa disiapkan,” beber Suprio.

Ada prediksi, di pekan ketiga bulan Desember hingga pekan keempat Januari, merupakan puncak terjadinya kasus DB. Artinya pada waktu itu, kemungkinan besar akan terjadi serangan penyakit itu. Pasalnya, saat itu hujan tengah deras, alhasil akan tercipta banyak tempat-tempat hidup nyamuk di wadah-wadah yang terisi air.

“Terutama untuk daerah pemukiman, sebab jarak antar rumah sangat dekat, bahkan menempel. Jadi, penyebaran bisa cepat. Disamping itu, besar kemungkinan, ada rumah-rumah yang belum ditempati di perumahan, atau rumah kosong. Tentunya nyamuk akan senang tinggal disitu,” paparnya.

Memberantas nyamuk butuh upaya yang terus-menerus. Terlebih, saat ini, pola siklus hidup nyamuk mulai jentik hingga menjadi nyamuk dewasa, tidak lagi membutuhkan waktu satu pekan. Kini lebih singkat lagi, yakni hanya lima hari.

“Jadi idealnya, pemberantasan sarang nyamuk dilakukan dalam lima hari sekali,” ujar Supriyo. (ris)

Hanya PDIP dan Golkar bisa ajukan Cabup mandiri

E-mail Cetak PDF

berita-beritadotcom: Dipastikan hanya ada dua partai politik (parpol) di Wonogiri yang bisa mengajukan calon Bupati (cabup) secara mandiri dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Wonogiri tahun 2015. Kedua parpol adalah PDIP dan Partai Golkar. Pasalnya hanya dua parpol itulah yang memenuhi persayaratan pengajuan calon secara mandiri.

Untuk bisa mengajukan cabup secara mandiri, parpol harus memiliki kursi di DPRD dalam jumlah prosentase tertentu. Menurut Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, parpol minimal memiliki kursi minimal 15 persen dari total kursi di DPRD kabupaten/kota setempat.

Jika kondisi ini diterapkan di Wonogiri dengan jumlah kursi DPRD sebanyak 45 buah, maka syarat minimal pengajuan calon mandiri, parpol harus memiliki setidaknya delapan buah kursi. Atas ketentuan itu, hanya ada dua parpol yang bisa mengajukan calon secara mandiri. Keduanya adalah PDIP dan Partai Golkar. Dimana PDIP memperoleh 13 kursi dan Partai Golkar mampu mendapatkan 10 buah kursi. Sedang partai lainnya, tidak ada satupun yang memiliki minimal delapan buah kursi.

“Seandainya RUU Pilkada nanti disahkan pun, maka tetap dua parpol itu yang hanya bisa mengajukan calon secara mandiri,” ungkap Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wonogiri Mat Nawir, Selasa (13/1).

Diungkapkan Mat Nawir, salah satu poin dalam draft RUU menyebutkan syarat minimal mengajukan calon secara mandiri, parpol harus memiliki 20 persen kursi. Atau untuk DPRD Wonogiri, minimal memiliki sembilan kursi. Lagi-lagi, hanya PDIP dan Golkar yang memenuhi syarat tersebut. Praktis, parpol lainnya, mesti membentuk koalisi jika ingin mengusung figur calon bupati.

Petinggi PDIP melalui Sekretaris DPC Setyo Sukarno dan Partai Golkar melalui Ketua DPD Partai Golkar Edi Santosa merasa sadar akan hal itu.
Disinggung, siapa sosok yang akan ditembak partai moncong putih sebagai calon Bupati, Setyo Sukaro belum mau menjawab. Dirinya hanya berujar, saat waktunya tiba, media pasti akan diberitahu.

Senada, Ketua DPD Partai Golkar Wonogiri Edy Santosa masih akan menunggu jadi tidaknya pengesahan RUU Pilkada. Sebab, ada hal pokok dari RUU yakni soal pemilihan langsung atau tidak langsung. (Aris Arianto)

Petani tolak benih jagung bersubsidi

E-mail Cetak PDF

berita-beritadotcom: Kondisi yang berkebalikan terjadi pada benih padi bersubsidi dan benih jagung bersubsidi di Wonogiri. Jika benih padi banyak peminat, benih jagung bersubsidi justru tidak diminati petani. Akibatnya, stok benih padi bersubsidi kosong, namun benih jagung malah berlimpah.

Menurut data yang berhasil dihimpun dari Dinas PertanianTanaman Pangan dan Hortikultura (DispertanTPH) Wonogiri, untuk Musim Tanam (MT) II mendatang, ada luasan sekitar 13.775 hektar lahan yang membutuhkan bibit padi bersubsidi. Namun, dari luasan sebanyak itu, pemerintah pusat melalui perusahaan yang ditunjuk, PT. Sang Hyang Seri, baru bisa memenuhi 675 hektar atau sekitar 5 persen dari totalnya. Belum ada informasi lebih lanjut, kapan perusahaan bisa memenuhi keseluruhan kebutuhan benih padi bersubsidi.

“Petani banyak membutuhkan benih padi bersubsidi pada MT II mendatang. Tapi sayangnya, perusahaan penyedia hanya bisa menyediakan lima persennya,” ungkap Kepala  DispertanTPH Wonogiri Safuan melalui Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan, Tri Luwarso, Selasa (13/1).

Padahal, menurut Tri Luwarso, keberadaan benih padi bersubsidi sangat membantu kalangan petani. Pasalnya, petani hanya membayar murah bagi benih yang dibelinya. Untuk satu kilo benih jenis Ceherang, IR 64, atau Mekongga, petani hanya membayar Rp 2.200. Angka ini jauh dibawah harga pasaran normal seharga Rp 9000 per kilonya.

“Sangat membantu kalangan petani. Tapi dengan kenyataan itu, ya mau bagaimana lagi,” ujarnya.

Terpaksa, sebagian besar petani yang tidak mendapatkan jatah benih bersubsidi, harus membeli di pasaran secara normal. Disebutkannya, mekanisme pengajuan benih bersubsidi, petani tergabung dengan kelompok tani. Melalui kelompok tanilah, diajukan kebutuhan total seluruh anggotanya.

Kenyataan yang berkebalikan 180 derajat, dikatakannya, terjadi pada benih jagung bersubsidi. Dikatakannya, hingga kini belum ada petani atau kelompok tani yang berminat. Stok benih di perusahaan penyalur yang sama, hingga kini masih saja utuh. Petani justru lebih memilih benih jagung jenis lainnya di pasaran dengan harga berlipat.

Hal ini, lanjut Tri Luwarso, disebabkan, benih jagung yang disediakan pemerintah, tidak sesuai harapan petani. Pemerintah hanya menyediakan benih jagung jenis SHS 11 atau N37, harga pasarannya sekitar Rp 25 ribu satu kilonya. Namun, petani sebenarnya hanya membayar separuhnya, sebab yang Rp 12,5 ribu, disubsidi pemerintah.

Namun, benih jagung jenis itu, tidak diminati petani, dengan alasan hasilnya kurang maksimal. Petani, lebih memilih benih jenis lain dari perusahaan lain yang harganya mencapai Rp 45 ribu bahkan ada yang sampai hampir Rp 50 ribu.

“Akhirnya benih jagung bersubsidi dari pemerintah, menganggur di gudang perusahaan. Karena belum ada petani yang meminatinya,” terang Tri Luwarso.

Hal ini dibenarkan petani asal Kecamatan Giriwoyo, Taryanto. Dikatakan Taryanto, hasil panenan benih jagung bersubsidi pemerintah terbilang kurang maksimal. Dia lebih memilih menggunakan benih jagung lain di pasaran.

“Lebih mahal sedikit saat membeli benih, tapi tidak masalah. Karena, panennya berlimpah dan maksimal,” katanya. (Aris Arianto)

Wonogiri juara satu penyakit se-Jateng

E-mail Cetak PDF

berita-beritadotcom: Predikat yang sangat tidak mengenakkan disandang Kabupaten Wonogiri. Ternyata, Kota Sukses itu meraih juara satu se-Provinsi Jawa Tengah dalam hal Penyakit Tidak Menular (PTM). Hal ini menjadi suatu hal yang memprihatinkan mengingat PTM disebabkan pola hidup yang tidak sehat.

Kepala Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Wonogiri, Warjo, menyampaikan, posisi Kabupaten Wonogiri saat ini menjadi yang paling banyak dalam hal jumlah kasus PTM se-Provinsi Jawa Tengah. Diantara 35 kabupaten/kota yang ada di Jateng, Wonogiri menempati urutan paling tinggi. Sayangnya, Warjo tidak bersedia menyebutkan angka kasusnya.

“Wonogiri memang paling tinggi se Jawa Tengah. Kami akui ini sangat tidak mengenakkan,” ujarnya, Senin (12/1) di Ruang Data komplek Setda Wonogiri.

Tidak mengenakkannya posisi itu lantaran PTM disebabkan pola hidup yang tidak sehat. Dengan kata lain, warga Wonogiri juga menjadi yang paling kurang memperhatikan pola hidup sehat diantara 35 kabupaten/kota se Jateng. Bisa pula disebut, lanjutnya, masih banyak warga Wonogiri yang masih menerapkan pola hidup berdekatan dengan penyakit.

“Kami dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait lainnya berusaha agar posisi Wonogiri tidak lagi di posisi puncak. Caranya dengan menyosialisasikan pola hidup sehat. Diantaranya tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, beraktifitas fisik secara teratur, serta gemar makan buah dan sayur,” paparnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Wonogiri, Widodo menyebutkan, pola hidup yang tidak sehat mengakibatkan banyaknya PTM. Di antara PTM itu adalah tekanan darah tinggi (hipertensi), diabetes, kanker maupun jantung.

“Penyakit tidak menular ini telah banyak diderita oleh masyarakat Wonogiri penyebabnya adalah pola hidup yang tidak sehat misalnya senang makan makanan cepat saji, kurang seimbang dalam berolahraga dan beristirahat,”terangnya.

Oleh karena itu, Widodo menyarankan tips sehat untuk terhindar dari PTM ini, antara lain makan makanan yang bergizi, olahraga minimal 20 menit secara rutin dan istirahat cukup yang berkualitas.

Salah  seorang warga Kecamatan Pracimantoro, Triyono Rahardjo berujar, penyakit tidak menular saat ini banyak diderita kerabatnya. Paling banyak adalah tekanan darah tinggi. Tak hanya mereka yang berusia lanjut, penyakit itu juga diderita kerabatnya yang masih muda usia. Selama ini pula dia dan kerabat tidak mengetahui penyebab penyakit itu, pasalnya informasi yang diterimanya sangat minim.

“Belum ada sosialisasi apapun. Kalau ada kami pasti berusaha menghindarinya,” ujarnya. (ris)

Belum ditemukan indikasi penyimpangan pupuk

E-mail Cetak PDF


berita-beritadotcom: Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (DispertanTPH) Wonogiri mengaku persoalan kelangkaan pupuk maupun tingginya harga pupuk bersubsidi seringkali muncul disaat masa tanam. Kendati demikian, hingga sekarang belum menjumpai adanya indikasi penyimpangan baik di tingkatan distributor maupun pengecer.

Kepala DispertanTPH Wonogiri, Safuan saat dikonfirmasi menampik adanya penyimpangan di tingkat distributor dan pengecer. Sampai saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan adanya indikasi penyimpangan pendistribusian pupuk bersubsidi baik ditingkat distributor maupun pengecer. Tapi, dia mengklaim terus melakukan pemantauan di lapangan.

“Jika ada penyimpangan, sebenarnya itu nanti yang rugi distributor dan pengecer itu sendiri. Pasalnya sesuai aturan pemerintah pusat yang diterbitkan tahun 2014 lalu, berdasarkan validasi dan verifikasi pendistribusian pupuk bersubsidi jika tidak sesuai dengan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK) pemerintah pusat tidak akan membayarkan subsidinya,” katanya, Jumat (9/1/2015).

Soal kelangkaan pupuk bersubsidi itu menurutnya bukan berarti ada penyimpangan. Namun seringkali ada kemacetan ditingkat kelompok sendiri. Dimana kelompok tani sering telat mengajukan RDKK, termasuk pula soal penebusan pembayaran kepada pengecer. Pihaknya pun telah memberikan imbauan kepada kelompok petani agar lebih awal sebelum masa tanam untuk mengajukan penebusan pupuk sesuai RDKK.

Safuan menyinggung, harga eceran tertinggi (HET) pupuk bersubsidi selama kurun waktu tiga tahun belakangan ini belum mengalami perubahan. Dimana HET untuk tahun 2015 ini masih seperti tiga tahun lalu. Disebutkannya, harga Urea masih berada pada kisaran Rp90 ribu/zak, SP 36 Rp 100 ribu/zak, ZA Rp 70ribu/zak, NPK/Phonska sebesar Rp 115 ribu/zak, dan Organik seharga Rp 20 ribu/zak. Alokasi pupuk bersubsidi tahun ini tergolong meningkat dibandingkan tahun lalu,. Pada 2014 Urea (33.682 ton), SP 36 ( 6.490 ton), ZA (6.140 ton), NPK (20.075 ton), Organik (14.893 ton), sedangkan alokasi pupuk bersubsidi tahun 2015 ini Urea (33.500 ton), SP 36 (6.500 ton), ZA(6.100 ton), NPK (20.070 ton), Organik(15.250 ton).

Terpisah, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (DisperindagkopUMKM) Wonogiri Guruh Santoso, menyebutkan,  permasalahan yang sering dialami petani adalah kelangkaan pupuk. Kendati kemungkinan, diakibatkan jalur distribusi yang kurang maksimal, seperti tersendatnya pupuk di tangan pengecer, kelangkaan harus diantisipasi dimulai dari tingkatan produsen.

“Jadi pihak produsen harus selalu siap pupuk di gudangnya,” sebut Guruh Santoso.

Anggota Komisi I DPRD Wonogiri, Dangi Darmanto menekankan hal serupa. Menurutnya, pupuk dan petani adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Sehingga jika ada permasalahan di sektor pupuk, petani akan menderita.

“Semestinya yang namanya barang berssidi itu mudah dijumpai bagi yang membutuhkan,” ungkap Dangi Darmanto.

Kepala  Gudang Petrokimia Gresik Wonogiri Saiful menyebut persediaan pupuk bersubsidi di gudang bisa dikatakan aman. Persediaan SP 36 ada 600 ton, Phonska 1000 ton, organik 328 ton, dan ZA 1284 ton. (Aris Arianto)

Halaman 1 dari 38

BALI

Pejabat pusat ke daerah wajib 'kulonuwun' ke gubernur

berita-beritadotcom: Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi akan membuat tradisi yang baik, saat melakukan kunjugan kerja ke  daerah wajib "kulonuwun" kepada gubernur.Hal itu perlu dilakukan, jangan sampai seoranng gubernur yang merupakan pejabat pusat tidak tahu ada menteri yang blusukan di di wilayahnya.Hal itu dikatakan Yuddy saat bersilaturahmi dengan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika di ruang kerja Gubernur Bali, Senin (23/3). "Saya ...

Selanjutnya

Banten

Politikus PDIP pakai plat nomor palsu

berita-beritadotcom (Cilegon, Banten): Suhemi, anggota DPRD Cilegon ditilang Satlantas Polres Cilegon, Jumat (31/1/2014) malam. Politikus dari PDIP itu kena tilang lantaran diduga memakai plat kendaraan palsu atau bukan keluaran dari kepolisian. Demikian disiarkan Divisi Humas Polri"Dia menggunakan plat nomor palsu atau bukan keluaran dari Lantas, ya kita tilang. Untuk sementara STNK mobilnya kita amankan sebagai bukti pelanggaranya," ujar salah seorang ...

Selanjutnya

Jawa Timur

Korupsi Jitut Jides 5 M, Rahmad Harianto susul Amarlin dan Yuli jadi tersangka

berita-beritadotcom: Setelah Kades Pekuwon, Kecamatan  Sumberejo, Amarlin (44) dan Yuli Rahayu Wijayanti (42), asal Desa Tlogoagung, Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi dana proyek jaringan irigasi tingkat usaha tani (Jitut) dan jaringan irigasi desa (Jides) dari APBN tahun 2012 senilai Rp5 miliar, kini ​Rahmad Harianto, pegawai negeri sipil (PNS) di Dinas Pertanian (Disperta) Bojonegoro, Jawa Timur, menyusul menjadi tersangka.   Dalam kasus ...

Selanjutnya

Jawa Barat

Belum selesaikan E-KTP, warga Subang berjubel di kantor Disdukcapil

berita-beritadotcom: Ratusan orang dewasa dari berbagai penjuru, mendatangi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), di Jalan Sutoyo No. 50 Subang. Mayoritas warga yang datang ke kantor Disdukcapil, untuk pencetakan E-KTP. Tidak kurang warga yang menggerutu dan bersungut-sungut, pasalnya jauh-jauh datang dan pagi-pagi, tapi tidak kebagian nomor antrian. Padahal waktu baru menunjukan, pukul 08. 15 wib, 300 nomor antrian sudah ...

Selanjutnya

Gorontalo

Anggota DPRD Gorontalo terlibat narkoba, Jaksa tuntut rehabilitasi

berita2.com (Jakarta): Anggota DPRD Gorontalo,Yamin Akuba terlibat menggunakan sabu seberat 0,467 gram dituntut rehabilitasi.Tuntutan tampa pemeriksaan saksi ahli kedokteran tersebut,dibacakan jaksa Iwan SH ( kejari jakbar red ) dihadapan ketua majelis hakim,Musari SH pada Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Rabu (23/11/2011 ."Menuntut terdakwa,Yamin Akuba telah terbukti bersalah menggunakan sabu tampa ijin,serta dijatuhi 2 tahun rehabilitasi," Ujar jaksa Iwan.Menurut jaksa Iwan diruangan ...

Selanjutnya

Sulawesi Tenggara

TNI AL dukung program pembangunan Pemda Sultra

berita-beritadotcom: Pembangunan Jembatan Bahteramas yang sementara dilaksanakan dan terus digenjot oleh Pemerintah Daerah Sultra, mendapat respon positif dari masyarakat Sultra termasuk dukungan dari pihak TNI AL Kendari. Hal tersebut disampaikan oleh Pelaksana Perwira Angkatan Laut Kendari, Letkol (Laut) Ali, SH disela-sela acara HUT Korps POM TNI AL Kendari diPangkalan TNI AL Kendari, Tanggal 20/02/2015   "TNI AL akan selalu siap mendukung setiap pembangunan ...

Selanjutnya

NTB

Libur blusukan, Yuddy kagetkan Walikota Mataram

berita-beritadotcom: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Yuddy Chrisnandi kali ini melakukan kunjungan kerja ke daerah pada hari libur. Dia berkunjung ke unit kantor pemadam kebakaran, RSUD, dan PLN Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kunjungan yang dilakukan pada tanggal merah ini untuk memastikan, apakah unit pelayanan tetap berjalan di hari libur atau tidak.Di kantor pemadam kebakaran Yuddy ...

Selanjutnya

NTT

Peringati 16 HAKTP, remaja Biinmafo tulis surat untuk Jokowi

berita-beritadotcom: Dalam rangka meryakan 16 Hari Ant Kekerasan Terhadap Perempuan, Aliansi Remaja Biinmafo (ARBI) yang bernaung di bahwa Institut Hak Asasi Perempuan melakukan beberapa  ranakaian kegiatan untuk menggugah seluruh komponen masyarakat termasuk pemerintah untuk bersama-sama menghapus berbagai tindak kekerasan terhadap perempuan termasuk kekerasan seksual.Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan meliputi, melakukan Focus Group Disscussion untuk memetakan potensi kasus kekerasan seksual di Kabupaten ...

Selanjutnya

Kalimantan Tengah

MenPANRB 10 menit temui mahasiswa di Bandara Cilik Riwut

berita-beritadotcom: Bukan hanya keberangkatannya ke Palangkaraya yang mengalami perubahan jadwal, Jumat (1/4) Sesaat menjelang bertolak keberangkatannya ke Jakarta Sabtu (18/4) pagi, Menteri PANRB Yuddy Chirsnandi juga nyaris tertunda. Sesuai rencana awal, Yuddy berangkat ke Ibukota Kalimantan Tengah dengan menumpang pesawat pukul 05.45 dari bandara Soekarno Hatta. Tapi jadwal itu berubah, karena Menteri harus menghadiri pelantikan Kapolri di Istana Merdeka terlebih ...

Selanjutnya

Sumatera Barat

Yuddy: RSUD Padang Panjang kurang bersih

berita-beritadotcom: Menteri PANRB Yuddy Chrisnandi melakukan kunjungan kerja (blusukan) ke sejumlah kantor dinas di kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Jumat (20/2). Dimulai dari RSUD Kota Padang Panjang, setelah sebelumnya bersama Wakil Walikota Padang Panjang Mawardi dan Sekretaris Daerah Padang Panjang, Muswar sempat menyantap sate padang.   Yuddy meninjau sejumlah tempat diantaranya ruang rawat Kelas III, ruang rawat anak dan beberapa tempat lainnya. ...

Selanjutnya

Jawa Tengah

Diserang DB pak guru meninggal

berita-beritadotcom: Seorang guru sebuah SMK swasta di Kecamatan Tirtomoyo, meninggal dunia. Penyebabnya, guru tersebut terserang demam berdarah dengue (DBD).Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri telah melaksanakan penelusuran atas kematian dua orang warga Kecamatan Baturetno. Dari hasil penelusuran itu, dipastikan satu diantaranya meninggal lantaran DBD. Yakni Umar, seorang guru di sebuah SMK swasta di Kecamatan Tirtomoyo. Umar merupakan warga Desa Setrorejo, Kecamatan ...

Selanjutnya

Yogyakarta

Gunung Kelud sudah diramalkan akan meletus, sejak tiga bulan lalu

News image

berita-beritadotcom (Bantul, Yogyakarta): Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang meletus Kamis 13 Pebruari 2014 sekitar pukul 22.50 Wib, ternyata pernah diramal oleh pimpinan Padepokan Songgo Buwono Yogjakarta, Bunda Lia, sejak tiga bulan lalu. Menurut penuturan perempuan bernama lengkap Lia Hermin Putri ini, sekitar tiga bulan yang lalu, ia bertandang ke rumah juru kunci Gu...

Selanjutnya

Aceh

Simulasi CAT CPNS di Aceh

berita-beritadotcom : Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) kembali akan menggelar sosialisasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan sistem computer assisted test (CAT). Kali ini pelaksanaannya akan dilakukan di Universitas Syah Kuala Banda Aceh, pada  Senin, 18 Agustus 2014.c Simulasi CAT ini dilaksanakan atas permintaan dari masyarakat di daerah tersebut, agar calon pelamar CPNS lebih siap dalam ...

Selanjutnya

Sumatera Utara

Dalam kasus ini KPK dinilai tidak punya bukti kuat

berita-beritadotcom: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dinilai tidak memiliki bukti yang cukup untuk menjerat Raja Bonaran Situmeang dalam kasus suap sidang sengketa Pilkada Tapanuli Tengah (Tapteng). Karena itu, KPK harus mempertimbangkan lagi keputusan penahanannya. Hal tersebut dikatakan Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Bonyaimin Saiman kepada wartawan, Senin (19/1/2015). Menurut Bonyamin, lama menahan Bonaran yang dalam kasus ini sudah berstatus tersangka, sudah ...

Selanjutnya

Riau

78 prajurit TNI bergeser ke lokasi kebakaran di Dumai

News image

berita-beritadotcom (Pekanbaru, Riau): Komandan Satgas Penanggulangan Bencana (Dansatgas PB) Asap Riau yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Korem 031/WB, Brigjen TNI Prihadi Agus Irianto memerintahkan jajarannya untuk melaksanakan pergeseran pasukan guna membantu pasukan TNI yang sudah ada, dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Dumai dan sekitarnya. Menurut Dansatgas PB Asap Riau, pergeseran 78 Prajurit TNI adalah untuk memperkuat pasukan TN...

Selanjutnya

Jambi

Alokasi pupuk bersubsidi di Jambi diprioritaskan hortikultura dan tanaman pangan

berita-beritadotcom: Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi Teguh Wiyono, melalui Kepala Bidang Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Ritaningsih menyatakan alokasi pupuk bersubsidi di Kota Jambi khususnya bidang pertanian pada tahun 2015 ini, terdiri dari pupuk urea bersubsidi, pupuk SP-36 bersubsidi, pupuk NPK bersubsidi, pupuk ZA bersubsidi, dan pupuk organik bersubsidi yang diperuntukkannya lebih dipriroritaskan kepada para petani ...

Selanjutnya

Sumatera Selatan

Panglima TNI tanam jagung dan kedelai perdana di Sumsel

News image

berita-beritadotcom (Palembang, Sumatera Selatan): “Bersama rakyat TNI kuat sebagaimana kebersamaan di masa perjuangan kemerdekaan. Untuk itu, TNI dan petani harus terus bekerjasama di lapangan bagi kepentingan rakyat seperti halnya kerjasama pengembangan pertanian jagung dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional”, demikian sepenggal sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko pada acara tanam jagung dan kedelai perdana di Desa Pulau Kabel Kab. Ogan Il...

Selanjutnya

Bengkulu

Kejagung Pertimbangkan Banding Atas Putusan Bebas Gubernur Bengkulu

berita2.com (Jakarta): Kejaksaan Agung tengah mempertimbangkan pengajuan kasasi terhadap putusan bebas Gubernur Bengkulu (non aktif) Agusrin M Najamuddin oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.“Tentunya, sesuai  ketentuan upaya hukum itu akan kita pertimbangkan. Sekarang, kita tunggu dulu salinan putusan dan lalu ditentukan sikap,” kata Kapuspenkum Noor Rachmad menangapi putusan bebas perkara korupsi kas daerah Pemprov Bengkulu, Rabu 25 Mei 2011Menurut Noor, sesuai ...

Selanjutnya

Lampung

BBM mulai langka di Jalinsum

berita-beritadotcom (Bumi Ratu, Lampung): Bahan bakar minyak jenis premium mulai langka dan kehabisan stok dijalur lintas Sumatera (Jalinsum), seperti pemandangan Jum'at (10/05) pukul 11. 30 wib yang terlihat di SPBU Bumi Ratu Way Kanan Lampung.Para konsumen yang akan mengisi minyak kendaraannya, baik roda dua dan empat terpaksa kembali dengan tangan hampa. Terutama para pengguna jalan roda dua, hanya bahan bakar ...

Selanjutnya

Kep. Bangka Belitung

20 ton pasir timah diamankan, 9 orang ditangkap

berita-beritadotcom (Bangka Belitung): Direktorat Reskrimsus Polda Babel bersama dengan Polres Bangka berhasil mengamankan 20 ton pasir timah di sekitar Pantai Bedukang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka-Belitung (Babel).Seperti disiarkan Devisi Humas Mabes Polri, Kabid Humas Polda Babel, AKBP Riza Yulianto mengatakan penangkapan dilakukan Sabtu (18/1/2014) sekitar pukul 23.00 WIB. Sebelumnya, anggota kepolisian mendapat informasi diduga akan ada penyelundupan melalui ...

Selanjutnya

Kalimantan Timur

Peledakan kapal tidak membuat jera aksi pencuri ikan di perbatasan

berita-beritadotcom: Nampaknya peledakan kapal pencuri ikan bebeapa waktu lalu tidak membuat jera para pencuri ikan melakukan  aksinya di perairan Indonesia,  ini terbukti DITPOLAIR POLDA Kalimantan Timur (Kaltim) berhasil menangkap 3 kapal trawl berbendara Malaysia di perairan Karang Unarang Kalimantan Utara. selain menyita ketiga kapal berikut ratusan ikan campuran hasil tangkapan, tiga nakhoda ditetapkan sebagai tersangka.   Petugas menemukan ketiga kapal ini yang ...

Selanjutnya

Kep. Riau

Dua anggota TNI di Batam memang lindungi penimbunan BBM

News image

berita-beritadotcom: Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) membentuk tim investigasi gabungan kasus bentrok antara dua satuan saat penggerebekan gudang penimbunan BBM di Batam, Kepulauan Riau. Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya dengan didampingi Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Ronny F Sompie, Passuspom Mabes TNI Mayjen TNI Maliki Mift, S.I.P, M.H. selaku Ketua Tim Investigasi, dan Br...

Selanjutnya

Kalimantan Barat

Ini kata Panglima TNI soal kesejahteraan di perbatasan

News image

berita-beritadotcom (Pontianak, Kalimantan Barat): Penanganan kawasan perbatasan tidak cukup dengan pendekatan keamanan, tetapi lebih efektif melalui pendekatan peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam menyelesaikan persoalan-persoalan di perbatasan. Demikian disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko saat menjadi keynote speaker di seminar nasional yang mengambil tema "Pengelolaan Sumber Daya Alam Dalam Perspektif Ketahanan Nasional" pada Dies Natalis Untan Pontianak ke-55 di Universitas Tanjungpura, Ka...

Selanjutnya

Kalimantan Selatan

4 warga Banjarmasin tewas minum Miras oplosan

News image

berita-beritadotcom (Banjarmasin, Kalimantan Selatan): Korban meninggal dunia akibat menenggak minuman keras (Miras) oplosan di Pasar Batuah Banjarmasin terus bertambah, yakni semula tiga orang dan kini menjadi empat orang. Kepala Kepolisian Polsek Banjarmasin Timur, Kompol Wildan Albert Sik, di Banjarmasin, mengatakan hingga saat ini sudah empat orang yang meninggal dunia akibat minuman keras oplosan itu. Sebelumnya,korban yang dikabarkan tewas akibat minuman keras op...

Selanjutnya

Sulawesi Utara

XL salurkan SMS donasi banjir bagi masyarakat Manado dan Bekasi

berita-beritadotcom (Surabaya, Jawa Timur): Banjir yang melanda beberapa wilayah di Indonesia pada awal 2014 telah membangkitkan kepedulian masyarakat luas, termasuk pelanggan XL. Melalui program SMS Donasi yang dibuka pada 17-31 Januari, telah terkumpul Rp. 278,130 juta yang telah disalurkan kepada korban banjir di sejumlah wilayah, antara lain di Manado dan Bekasi. Untuk Manado, donasi ini untuk perbaikan infrastruktur dan fasilitas ...

Selanjutnya

Sulawesi Tengah

Kasal gendong Balita, masyarakat Palu rindukan TNI AL

News image

berita-beritadotcom (Palu, Sulawesi Tengah):  Baru saja dua hari usai  digelarnya puncak peringatan Hari Nusantara (Harnus) 2013 di Anjungan Pantai Talise, tak sedikit masyarakat Palu yang terlihat bergerombol di beberapa sudut jalan yang berada di sepanjang Pantai Talise, Palu, Sulteng, sembari  mengelu-elukan Kepala Staf Angkatan laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Marsetio, maupun para prajurit TNI Angkatan Laut yang telah sukses dalam me...

Selanjutnya

Sulawesi Selatan

Jumat ini simulasi CAT di Unhas Makassar

berita-beritadotcom : Putaran kelima simulasi computer assisted test (CAT) akan dilakukan Kementerian PANRB di kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Jumat ini (18/7/2014). Kegiatan ini merupakan bagian dari rencana strategis pemerintah yang akan menyelenggarakan tes kompetensi dasar (TKD) Aparatur Sipil Negara, khususnya CPNS dengan sistem CAT.Acara tersebut dihadiri oleh Sekretaris Kementerian PANRB Tasdik Kinanto, untuk memberikan penjelasan terkait dengan seleksi ...

Selanjutnya

Sulawesi Barat

China Investasi Rp 1,2 Triliun di Sulawesi Barat

berita2.com (Mamuju, Sulawesi Barat): Direktur Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sulawesi Barat, Harry Warganegara mengatakan, Pemerintah Provinsi Sulbar dan BUMD Sulbar telah menandatangani kerja sama dengan investor China PT China Geogchoubou Group Company (CGGC).Ia mengatakan, di bawah kesepakatan itu PT CGGC bersedia mengucurkan dana sekitar Rp22 triliun untuk pembangunan tiga mega proyek infrastruktur di Sulawesi Barat di mana provinsi ...

Selanjutnya

Maluku

Kapal maling ikan kembali ditenggelamkan

berita-beritadotcom: Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali melakukan aksi penenggelaman 2 (dua) unit kapal asing berbendera Papua Nugini yang dipimpin langsung Panglima Komando Armada Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksda TNI Arie Henriycus Sembiring Meliala didampingi Danguspurlatim, Danlantamal IX Ambon, Wakapuspen TNI, Kadispenal, Kejati Maluku, Danrem 151 Binaya dan Dirpolair Polda Maluku di perairan Ambon, Minggu, (21/12/2014) pukul 10.00 waktu setempat. Dua buah ...

Selanjutnya

Maluku Utara

Penculik Yudastira diamuk masa

berita-beritadotcom (Ternate, Maluku Utara): Seorang pria yang diketahui bernama Djamal Aziz, warga Desa Bajo Laluin, Kecamatan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, pada Sabtu (1/2/2014) dihakimi warga Kelurahan Kayu Merah. Ia dituding sedang berupaya menculik seorang bocah bernama Yudastira (2,8), warga RT. 01 RW. 03, Kelurahan Kayu Merah, Kecamatan Kota Ternate Selatan. Demikian disiarkan Divisi Humas PolriPeristiwa bermula saat ibu korban melihat ...

Selanjutnya

Papua

TNI latih pencak silat masyarakat Arso Tami Papua

berita-beritadotcom: Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Batalyon Infanteri (Yonif) 400/Raider melatih Pencak Silat bagi warga masyarakat Arso Tami, Arso Kota, Kabupaten Keerom, Papua, Rabu malam (29/4/2015).   Pos Arso Tami merupakan salah satu pos Satgas Pamtas RI-PNG yang dipimpin langsung oleh Wadan Satgas Yonif 400/Raider Mayor Inf Ari Susetyo, dengan jumlah anggota sebanyak 31 personel. ...

Selanjutnya

Papua Barat

Panglima TNI sidak Batalyon Infanteri 752 Papua Barat

News image

berita-beritadotcom: Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko didampingi Kasal Laksamana TNI Dr. Marsetio, Kasau Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia, Asintel Panglima TNI Laksda TNI Amri Husaini, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Ngakan Gede Sugiharta, Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya dan Danrem Sorong Brigjen TNI Djoko Subandrio melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Batalyon Infanteri (Yonif) 752/Vira Yudha Sakti ya...

Selanjutnya

Berita Terkait